Wednesday, July 13, 2011

Festival Layang-Layang 2011 di Pantai Pangandaran, akan diikuti oleh 12 Negara? Wah keren banget?

NGAMPRAH, (PRLM).- Sekitar dua ratus layang-layang terbaik di dunia akan diterbangkan di langit Pangandaran, Kabupaten Ciamis, dalam Pangandaran International Kite Festival 2011 pada 16-17 Juli mendatang. Festival yang diikuti puluhan peserta dari 12 negara itu juga akan dimeriahkan dengan pergelaran wayang golek dan rampak dalang dari para putra dalang kenamaan di Jawa Barat.
Liannawati, pemain dan pembuat layangan Indonesia mengatakan, beberapa peserta festival pernah memenangi penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Salah seorang peserta di antaranya pernah mencatat rekor Guiness Book dengan layangan karyanya yang berukuran seluas lapangan sepakbola.
"Selain itu, layangan dari peserta lainnya, termasuk dari Indonesia juga tidak kalah menarik. Semuanya memiliki keunikan masing-masing," kata Liannawati saat ditemui di Villa Istana Bunga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (13/7).
Sejumlah peserta festival berasal dari 12 klub dari 12 negara, di antaranya Vietnam, India, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Dari Indonesia, sebanyak 34 klub dari 10 provinsi juga akan memamerkan hasil karyanya.
Festival layang-layang, menurut Lianna, bertujuan untuk kembali mengangkat tradisi dan budaya lokal. Hampir di setiap negara, kata dia, bentuk layang-layang dipengaruhi budaya setempat. "Setiap layangan dari satu negara biasanya menarik perhatian negara lain karena memiliki keunikan masing-masing," ujarnya. (A-192/das)***


0 comments:

Post a Comment