Sunday, July 17, 2011

Internet dapat merusak Otak?

BEIJING, (PRLM).- Menggunakan internet yang berlebihan dapat menyebabkan bagian otak rusak, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cina.
Para ilmuwan menemukan tanda-tanda atrofi materi abu-abu di otak pengguna internet berat yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.
Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori, serta kemampuan membuat keputusan dan menetapkan tujuan, juga dapat menyebabkan perilaku 'tidak pantas'.
Para peneliti mengambil scan otak MRI pada 18 mahasiswa berusia 19, yang menghabiskan delapan hingga 13 jam sehari bermain game online. Kemudian membandingkan dengan 18 mahasiswa yang menghabiskan kurang dari dua jam sehari berinternet.
Serangkaian gambar MRI difokuskan pada materi abu-abu di permukaan korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan, penglihatan, pendengaran, dan kontrol motor terjadi. Pada pecandu online ditemukan adanya atrofi di daerah kecil otak.
Hasil scan menunjukkan semakin lama kecanduan internet kerusakan akan "lebih serius". Para peneliti juga menemukan perubahan dalam jaringan otak. "Ini kelainan struktural yang mungkin dikaitkan dengan gangguan fungsional dalam kontrol kognitif," kata para ahli saraf dan radiologi di universitas dan rumah sakit di Cina, seperti ditulis dalam jurnal PLoS One, Jumat (15/7). (Aya/A-26)***


0 comments:

Post a Comment