Wednesday, July 13, 2011

Tips Cuma-cuma untuk Para Peacekeeper

Tips agar badan kita tetap Fit dan bisa menyesuaikan dengan cuaca sekitar kita yang sangat ekstrim. Ini adalah pengalaman pribadi dari seseorang yang pernah bergabung dalam Pasukan Perdamaian (UNIIFIL 2011).
Kulit dan tubuh kita biasa beradaptasi dengan lingkungan Tropis seperti di Indonesia, jika kita pergi untuk suatu misi tertentu yang kondisi cuacanya juga belum tahu?exstrim atau nggak? maka ini akan kami beri Tips mudah2an bisa membantu anda untuk menyiapkan sgala sesuatunya demi lancarnya Mission Anda di Cuaca dan Lingkungan Yang baru :

1.            Cuaca di Lebanon Selatan sangat ekstrim dan tajam pada saat musim dingin. Jangan menyepelekan situasi,anda yang rugi. Karena pada saat menjalankan misi di luar compound anda akan berjam2 di luar sana tanpa Heatter (pemanas). Cara menyikapi ini agar Misi anda lancar maka yg hrs dipersiapkan dari Compound/Komplek  adalah Jaket Tebal,Kaos Lengan Panjang dan Mantel hujan dan sarung tangan yang tebal.
Sebelum berangkat kegiatan pakai pakaian tebal kalo perlu rangkap 2 lalu pakai Seragam Anda, lalu pakai jaket tebal anda dan yang paling luar adalah Mantel Hujan Anda.
Jangan sempat anda menyepelekan hal-hal seperti ini. Karena yang kami alami kegiatan suatu misi tertentu kadang mencapai 3-4 jam. Bayangkan kalo tidak dipersiapkan? Tidak sampai satu tahun bisa di repatriasi ke Indonesia lagi?karena sakit. Di daerah Pegunungan Alfa Area (maap kami tdk menyebut daerahnya) suhu mencapai minus padahal kita harus melaksanakan kegiatan minim 3 jam di luar setiap hari?  Ini bisa dilakukan lebih dari 3 bulan. Bayangkan kalau anda tidak mempersiapkan secara matang.

2.         Masih pada musim dingin, pada saat kegiatan ke luar Compound persiapkan segala sesuatunya yg berhubungan dengan mobil, bawalah rantai roda pada saat melintasi salju. Jangan coba-coba membuat keputusan untuk menabrak salju karena sangat berbahaya. Kalau ragu2 karena jejak jalannya hilang? karena kondisi alamnya penuh dengan jurang curam. Putusan yang tepat ya berhenti sampai salju tdk turun lagi.

3.         Dan untuk menghangatkan badan pada saat kegiatan di luar jangan lupa bawa bekal makanan yang cukup agar kalau terjadi sesuatu yg tidak diinginkan karena turun salju dan harus berhenti dulu sampai berjam2 maka bekal makanan sangat diperlukan untuk bertahan dari dingin. 

4.         Pada saat kegiatan di luar hindari gerakan2 yang tidak perlu, karena sendi2/tulang kita sangat rentan dengan kesleo atau patah tulang pada saat musim dingin. 

0 comments:

Post a Comment