Thursday, October 6, 2011

Hari Kesaktian Pancasila di Lebanon selatan


Dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa telah terjadi kup terhadap Pemerintah RI yang sah, yang dilancarkan oleh PKI dengan G.30.S nya, yang mengakibatkan timbulnya tragedi nasional, dengan ditandai gugurnya Pahlawan-pahlawan Revolusi dengan secara kejam dan keji, di luar batas-batas kemanusiaan. Kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam perjuangan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan demi terlaksananya amanat penderitaan rakyat, demikian cuplikan Tragedi Nasional yang dibacakan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2011 yang digelar oleh Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (Indobatt) di lapangan Parade Soekarno, Markas Batalyon, UN Position 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (01/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Komandan Indobatt Letkol Inf Hendy Antariksa, dengan Komandan Upacara Perwira Food, Kapten Caj Supriyatna.
Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kegiatan dilanjutkan dengan acara tambahan berupa laporan korps kenaikan pangkat beberapa prajurit Indobatt yang menerima kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2011 di depan Komandan Indobatt. Jumlah prajurit yang memperoleh kenaikan pangkat  sebanyak 85 prajurit dengan rincian, 47 personel dari TNI AD, 19 personel TNI AL, dan 19 personel TNI AU.

Dalam arahannya, Komandan Indobatt menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh prajurit Indobatt yang memperoleh kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2011. Kalian harus bangga bisa memperoleh kenaikan pangkat bertepatan dengan pelaksanaan tugas mulia mengemban misi perdamaian PBB di Lebanon dan hal ini adalah buah dari perjuangan kalian selama mengabdi di TNI, karena naik pangkat tidaklah otomatis, namun butuh waktu dan pengabdian tanpa cacat, ungkapnya. Usai menerima pengarahan dari Komandan Indobatt, prajurit yang menerima kenaikan pangkat melaksanakan tradisi pesta air sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dan sebagai simbol pembersihan diri untuk siap menapak medan pengabdian di TNI dengan mengenakan tanda pangkat yang baru.


0 comments:

Post a Comment