Thursday, October 6, 2011

Pasukan Garuda Lebaran di Lebanon Selatan


Gema suara Takbir yang dikumandangkan Senin malam,  29 Agustus 2011 oleh segenap prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau yang dikenal dengan sebutan Indonesia Battalion (Indobatt) menandai berakhirnya pelaksanaan ibadah puasa bulan suci Ramadhan sekaligus menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1432 H yang mereka rayakan tahun ini di  medan operasi dalam rangka mengemban misi perdamaian PBB di Lebanon. 

Komandan Indobatt Letkol Inf Hendy Antariksa mengatakan, informasi pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H diperoleh dari pihak Departemen Agama Lebanon yang disampaikan melalui Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bahwa Hari Raya Idul Fitri 1432 jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011. informasi tersebut kami terima sesaat setelah pelaksanaan ibadah Sholat Maghrib atau menjelang Sholat Isya, pukul 20.00 waktu setempat, jelasnya.  

Setelah menerima informasi tersebut, Komandan Indobatt melalui staf personel meneruskan berita pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H kepada seluruh Kompi-Kompi, baik yang berada di dalam maupun yang di luar compound UN POSN 7-1. Sesaat setelah itu secara serentak seluruh prajurit Indobatt mengumandangkan suara Takbir mengagungkan Kebesaran Sang Pencipta, Allah SWT untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1432 H. 
Kegiatan Takbiran mereka laksanakan di Mushola tiap-tiap Kompi dan ada pula yang melaksanakan Takbir dengan berkeliling di sekitar area compound UN POSN 7-1 sambil berjalan kaki. Keesokan paginya pukul 06.45 waktu setempat, segenap prajurit Indobatt melaksanakan Sholat Ied di Rubb Hall Kompi Bantuan secara berjamaah. Bertindak selaku Imam dan Khotib, Perwira Interpreter Indobatt Mayor Sus Haryanto. Dalam ceramahnya yang dilaksanakan seusai ibadah Sholat Ied, Khotib menyampaikan makna pelaksanaan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan. Disampaikannya bahwa Bulan Suci Ramadhan melahirkan manusia yang baru, yaitu manusia yang memiliki sifat jujur, berhati bersih, mengkonsumsi makanan secara selektif serta selalu terpaut hatinya dengan masjid dan kitab suci. 

Usai pelaksanaan ibadah Sholat Ied dilanjutkan acara silaturahmi dengan bersalam-salaman antara sesama prajurit untuk saling bermaaf-maafan. Indahnya perayaan Hari Lebaran pada tahun ini memang tidak mereka dapatkan dengan keluarga, namun suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama 10 bulan di medan operasi bisa menggantikan suasana Lebaran seperti yang mereka rasakan di tanah air bersama keluarga di waktu-waktu sebelumnya.  Selesai acara di Markas Indobatt, Komandan Indobatt didampingi Kasi Ops, Mayor Inf Hendrawan Senjaya, Kasi Logs Mayor Psk Deni Ramdani dan  Perwira Interpreter  Mayor Sus Haryanto, melaksanakan anjangsana ke kompi Charlie, Kompi Alfa, Kompi Bravo dan Markas Sempu.

0 comments:

Post a Comment