Tuesday, October 4, 2011

Sop Kikil Kemangi


Purcepnews - Cuaca panas ditambah rutinitas yang segudang, tapi jangan lewatkan makan siang Anda. Untuk menemani makan siang Anda tak ada salahnya menu yang menggigit dan membuat Anda kembali segar.
Sop kikil kemangi, hidangan segar yang tak pernah absen menggoda air liur kita. Bagaimana tidak, saat dimasak dengan rempah-rempah khas negara tropis, kuliner yang satu ini juga akan memunculkan aroma harum yang tak terduga.

Untuk tahap awal, kikil diolah dengan teknik blanching. Kikil dimasak dengan air mendidih. Tunggu selama kurang lebih 5 menit sampai darah dan kotoran yang masih terkandung di dalam kikil terangkat ke permukaan. Angkat kikil lalu tiriskan.
"Buang air rebusan tadi. Setelah itu siapkan air baru untuk mulai meracik kikil dengan bumbu rempah," kata Executive Chef Hotel Santika Pandegiling, Umar Shaichan saat mendemokan masakannya, Rabu (14/9/2011).
Siapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, cabe merah. Blender seluruhnya hingga halus. Lalu tumis hingga muncul bau harum khas rempah.
Masukkan kikil ke dalam tumisan bumbu di atas. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kikilnya tenggelam dalam rebusan. Tunggu sampai kikilnya terlihat empuk.
"Setelah dirasa cukup empuk, angkat kikilnya lalu iris tipis-tipis. Siapkan air kacang dari blenderan kacang dan air yang disaring," paparnya.
Panaskan kuah kikil berbumbu dengan tambahan air kacang. Lalu rebus dengan tambahan garam, merica, gula dan penyedap secukupnya sesuai selera.
Sajian ini akan semakin menggiurkan bila ditambah berbagai penyedap alami masakan. Anda bisa menambahkannya dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, sambal soto dan jeruk nipis. Yummmy, suasana makan siang Anda dijamin makin menggoda.

0 comments:

Post a Comment