Sunday, November 28, 2010

Situ Gede Tasikmalaya

  1. Situ Gede
  2. undefined
    1. Sekilas Objek Wisata
    2. Salah satu sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal yang dapat diandalkan untuk pembangunan perekonomian masyarakat Kota Tasikmalaya adalah objek wisata situ gede yang terletak dikelurahan Linggajaya dan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi. Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 s.d. 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha, dipulau ini dimakamkan Eyang Prabudilaya yang legendanya berkembang di masyarakat Kota Tasikmalaya, letak situ gede relatif dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya, kuang lebih+4 km. Fasilitas bagi wisatawan adalah gazebo 7 buah, tempat parkir cukup luas, masjid, MCK, rakit, tempat memancing, taman dan camping ground. Aktivitas para wisatawan yang dapat dilakukan adalah joging, memancing, menjala ikan, mengelilingi pulau dengan rakit, menikmati pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar, menikmati bakar dan goreng ikan dikios-kios sekitar objek wisata, serta ziarah ke pulau situ gede.
    3. Prospek Pasar
    4. Prospek Wisata Alam Situ Gede merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kota Tasikmalaya dengan jarak relatif dekat dengan pusat kota.
    5. Rata-rata Tingkat Kunjungan : 9.950 orang/tahun.
  3. Taman Rekreasi Mangkubumi Indah
  4. Objek wisata ini terletak di Jl. A.H. Nasution / Singaparna, kurang lebih 6 km dari pusat kota. kondisi alamnya yang sejuk dan alami membuat suasana tenang untuk para pengunjung, taman rekreasi ini dilengkapi kolam renang, panggung hiburan, hotel restoran, kantin, area bermain anak-anak, sepeda air, gazebo, mushola dan gedung pertemuan serta are parkir yang luas. Taman rekreasi kurang lebih 5 Ha. Rata-rata tingkat kunjungan wisatawan 42.260 orang/tahun.
  1. Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya (Aboh)
  2. Taman rekreasi ini terletak di Jl. Sukamulya/Aboh lebih kurang 400m dari gedung Bale Kota Tasikmalaya, kondisi dilingkungannya yang bersih dan asri membuat nyaman bagi pengunjung yang daang. Adapun fasilitas yang ada yaitu : Kolam renang untuk balita, anak-anak dan dewasa, arena bermain anak, mesin ketangkasan, sepeda air, kantin, gazebo, mushola serta koleksi binatang pribadi yang khas. Rata-rata tingkat kunjungan wisata Aboh adalah 105.250 orang/tahun.
  3. Makam Syeh Abdul Ghorib
  4. Tempat wisata ziarah ini merupakan makam penyebar agama Islam, kondisi lingkungannya yang sejuk dan alami jauh dari kebisingan membuat suasana peziarah tenang dalam melakukan ziarah. Lokasinya terletak di kampung Cibeas kelurahan gunung Tandala/Gunung Gede Kecamatan Kawalu. Tingkat pengunjung peziarah 1024 orang/tahun.

0 comments:

Post a Comment