Saturday, November 27, 2010

TNI Angkatan Udara

Pendaftaran Calon Karbol TNI AU

A. SYARAT-SYARAT :
 1. Warga Negara Indonesia, Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan Prajurit TNI/Polri dan PNS.
2. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 2 Agustus tidak kurang dari 18 tahun dan tidak Iebih dari 22 tahun.
3. Berkelakuan baik, serta tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah diperoleh kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan surat dari Kapolres se tempat.
4. Berbadan sehat ( Jasmani dan Rohani).
5. Tamatan SMU/MAN jurusan IPA dan SMK Penerbangan dengan ketentuan DANEM/SKHUN sebagai berikut :
 

1. Untuk lulusan tahun 2010 akan di tentukan kemudian, untuk lulusan tahun 2005 dan 2006 nilai rata-rata 6,5    tidak ada nilai di bawah 4,26 untuk lulusan tahun 2007 dan 2008 nilai rata-rata UAN dan UAS tidak kurang dari 6,50 tidak ada nilai kurang dari 6, sedang tahun 2009 dengan ketentuan sbb :
a. Lulusan SMA/MAN jurusan IPA
Nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS ( Pendidikan agama, PKN, Sejarah dan Teknik Informatika ) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperoleh 1 mata pelajaran yang nilainya di bawah 6 dengan batas bawah 5,5.
b. Lulusan SMK Penerbangan
Nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 4 mata pelajaran UAN dan 6 mata pelajaran UAS ( Pendidikan agama, PKN, Fisika, Kimia, Pendidikan Jasmani dan Komputer )
2. Disertai daftar nilai kumulatif dari Diknas
6. Belum pernah menikah dan sanggup tidak akan menikah selama dalam pendidikan Karbol dan Lanjutannya.
7. Tinggi badan tidak kurang dan 165 cm.
8. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AU dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia.
9. Harus ada persetujuan dan Orang Tua/Wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
10. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan disertai dengan : a. Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan. b. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara.
11. Harus mengikuti dan lulus ujian/pemeriksaan yang meliputi : • Postur dan Lahiriah. • Administrasi dan Screening POM. • Kesehatan umum calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa. • Kemampuan Jasmani ( Samapta “A”, “B”, meliputi lari, push-up, sit-up, pull-up, shuttle run. Serta harus lulus Renang 50 meter dan Postur/antropometrik). • Psikologi. • Penelitian Personel. • Akademis (Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia)

B. Pendaftaran
1. Untuk tanggal pendaftaran terbaru harap hubungi Lanud terdekat ( Pendaftaran di mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 31 Maret )
2. Cara Pendaftaran, Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan masing masing 2 (dua) lembar foto copy dari :
i. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir atau foto copy yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang(Bupati/Wali Kota).
ii. Ijasah terakhir/Surat keterangan bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ebtanas dari Kepala Sekolah ( foto copy yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang Kepala Sekolah / diknas )
iii. KTP calon dan foto copy KTP orang tua/wali yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
iv. Pas Foto 4 x 6 hitam putih tanpa tutup kepala sebanyak 2 lembar.
C. Pemanggilan
1. Para pelamar yang dipanggil pada saat menghadap di Lanud se tempat harus membawa serta :
a. Surat panggilan.
b. Surat Lamaran yang ditulis tangan sendiri

0 comments:

Post a Comment