Friday, June 17, 2011

KASAU hadiri Konferensi di Thailand


DISPENAU (16/6),- Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Imam Sufaat menghadiri kegiatan 8th Asean Air Chief Conference (AACC) yang berlangsung sejak tanggal 13 hingga 16 Juni 2011 di Hua Hin,Thailand. Comander in Chief RTAF ACM Itthaporn Subhawong bertindak sebagai tuan rumah sekaligus pimpinan konferensi menyambut hangat kehadiran para Kepala Staf Angkatan Udara dari sepuluh negara ASEAN. Konferensi yang mengambil tema, "STRENGTHENING SECURITY COORPORATION OF ASEAN AIR FORCES TOWARDS ASEAN COMMUNITY 2015", dilaksanakan untuk terus  membangun dasar - dasar yang kuat serta mengatur mekanisme dan melanjutkan perkembangan kemajuan kerjasama antara ASEAN Air Force, dimana di dalamnya dibahas berbagai isu antara lain adalah ancaman kejahatan seperti bahaya terorisme.

ASEAN Air Chief Conference ke-8  ini diharapkan menjadi "leading sector" untuk menjaga dan mempertahankan keamanan, menciptakan kedamaian serta hal - hal lain menyongsong ASEAN Community 2015. Selain masalah keamanan, hal lain yang menjadi isu utama pada konferensi  kali ini adalah bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana alam (Humanitarian Assistance and Disaster Releave), dimana ASEAN Air Force akan membuat dasar kerjasama yg kuat untuk saling membantu dan berkontribusi dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana.

Pada AACC forum ini, Kasau menyampaikan sebuah gagasan dalam rangka membangun kerjasama melalui 3 tahapan pendekatan,  pada tahun pertama diharapkan : Kesepakatan bersama dari ASEAN Air Force dalam rangka memenuhi kebutuhan sebagai prasyarat dalam upaya meningkatkan kemampuan Angkatan Udara di kawasan ASEAN dengan meningkatkan kerjasama serta berbagi kemampuan dalam misi-misi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam (HADR). Pertemuan ASEAN Air Force berikutnya diharapkan untuk dapat menindaklanjuti kesepakatan yang telah disetujui pada tahun ini. Pada tahun kedua diharapkan : Kesepakatan dari ASEAN Air Force meliputi kerjasama yang diinginkan dan dapat diterima. Kesepakatan dari ASEAN Air Force diperlukan dalam upaya untuk membangun dan meningkatkan penggabungan operasi dan latihan yang memiliki keterkaitan dengan areas of disarter manajemen operations. Kesepakatan dari ASEAN Air Force dalam melaksanakan pertemuan forum diskusi para Kepala Staf Angkatan Udara dalam rangka meningkatkan kerjasama, berbagi informasi dan melaksanakan koordinasi. Kesepakatan dari Kepala Staf Angkatan Udara ASEAN sangat diperlukan guna melaksanakan Airman to Airman Talks dalam upaya meningkatkan mekanisme dan prosedur kerjasama  serta berbagi pengalaman di antara masing-masing anggota.

Akhirnya pada tahap ketiga (tahun ketiga) diharapkan dapat melaksanakan langkah terakhir untuk dapat merealisasikan peningkatan kemampuan regional Air Force dalam melaksanakan operasi yang efektif dalam operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam (HADR) di bawah suatu badan koordinasi ASEAN Agreement on Disaster Management  &  Emergency Response (AADMER) & ASEAN Coordinating Center for HA on Disaster Management (AHA Center).

0 comments:

Post a Comment