Tuesday, June 7, 2011

Sector East Military Police Unit Melaksanakan Latihan Fortaleza


Fortaleza Exercise merupakan latihan yang diselenggarakan oleh Sector East UNIFIL untuk melatihkan kesiapsiagaan personel seluruh Batalyon termasuk juga SEMPU dan Sector East sendiri dalam menghadapi situasi terburuk yang diskenariokan, dimana seolah-olah UNIFIL menghadapi serangan dari pihak musuh. Sehingga mengharuskan setiap Satuan Tugas yang berada di wilayah Sektor Timur untuk mengambil langkah tindakan sesuai dengan tahap-tahap yang telah ditentukan dalam skenario latihan. Skenario yang diberikan untuk setiap Satgas dari masing-masing Negara tentu saja tidak sama, demikian juga untuk SEMPU. Tahap 1 : Status menjadi Red Alert, SEMPU mengeluarkan 1 Tim untuk melakukan OP (Observation Post) di titik yang telah ditentukan, melakukan patroli sesuai rute tertentu, dan menempatkan Permanen Pos antara SB1-SB2, bagi personel yang di dalam markas UNP 7-3 tetap bekerja seperti biasa tetapi senjata, ransel, helm dan flackjacket sudah siap, Tahap 2 : Status naik menjadi Black Alert, seluruh personel sudah membawa senjata, mengenakan ransel, helm dan flackjacket. Personel yang melaksanakan OP, Patroli dan Permanen Pos ditarik masuk ke dalam markas UNP 7-3, Tahap 3 : Keluar perintah untuk masuk ke dalam shelter bagi seluruh personel SEMPU, kecuali yang sedang bertugas menjaga Alpha dan Charlie Gate serta Duty Officer (DO), dan terakhir, Tahap 4 : Pengakhiran, dimana situasi sudah menjadi normal, keluar perintah dari TOC kepada DO SEMPU untuk mengakhiri kegiatan dan dapat bekerja normal kembali.

Latihan yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2011 ini berlangsung pada pukul 10.00 LT. Bagi SEMPU, cuaca yang terik seperti yang dirasakan pagi ini bukanlah menjadi halangan untuk melaksanakan latihan tersebut, sesuai petunjuk CO SEMPU Letkol Cpm Dwi Prasetyo Wiranto kepada Pasiops SEMPU Lettu POM Krisna Hariyanto, bahwa latihan dilaksanakan tidak dimulai dari awal yaitu Tahap 1, tetapi langsung masuk ke Tahap 3.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam ini, diakhiri dengan pemberian evaluasi oleh Pasiops SEMPU agar setiap personel SEMPU dapat memahami dan mengambil tindakan apabila terjadi situasi yang sesungguhnya, akhirnya latihan Fortaleza Exercise ini ditutup dengan berfoto bersama seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan ini. 


Reviewed by Purcep, Blate 08th June 2011


http://www.tni.mil.id/

0 comments:

Post a Comment