Monday, June 27, 2011

Latihan Bersama TNI AU dengan US Air Force "Teak Iron" 2011

Latihan bersama antara TNI AU dengan US Air Force dengan nama “Teak Iron” 2011 yang dilaksanakan di Lanud Abd Saleh dibuka dengan upacara militer. Adapun yang bertindak selaku inspektur upacara yaitu Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama TNI A.Dwi Putranto di taxy way Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh. (27/6)
Dalam sambutannya, Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI A.Dwi Putranto yang didampingi oleh director exercise US Air Force Leutenant Colonnel Zimmerman menyampaikan bahwa Latma “teak Iron” adalah latihan antara TNI AU dan US Air Force yang merupakan manifestasi keinginan kedua belah fihak untuk lebih mempererat dan memperkokoh kerja sama antara TNI AU dan Us Air Force dengan tujuan untuk memantapkan konsep operasi dukungan udara bersama antara TNI AU dan US Air Force khususnya prosedur taktik, teknis serta aplikasinya dalam operasi dukungan udara dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules.
Selain itu Komandan Lanud mengharapkan dengan latihan ini dapat menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga bagi peserta latihan kedua belah pihak dan dapat saling membuka diri untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dan kegiatan-kegiatan operasi dukungan udara. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme dan menjadi sumbangan yang bermanfaat bagi pengembag kemampuan masing-masing angkatan udara dikemudian hari.
Pada kesempatan itu dan Komandan Lanud atas nama pimpinan TNI AU berpesan agar ketentuan dan prosedur latihan agar benar-benar dipauhi oleh peserta latihan, terutama kemanan terbang dan kerja harus menjadi prioritas utama dengan menghindari tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan resiko tinggi.
Dalam latihan “teak Iron” 2011 kali ini US Air Force melibatkan 2 pesawat C-130 Hercules dan 87 personel, sementara itu TNI AU juga melibatkan 2 pesawat C-130 Hercules dan kurang lebih 150 personel meliputi anggota Skadron Udara 32, Lanud dan Batalyon Paskhas 464.
Latihan yang rencananya digelar selama 12 hari ini dari pihak US Air Force dipimpin oleh Director exercise lieutenant Colonnel Zimmerman dan dari Pihak TNI AU dengan Komando latihan Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Penerbang Eko Dono Indarto dan dengan mengambil daerah latihan Lanud Abd Saleh dan daerah malang raya.

Sumber : Situs resmi Mabes AU

0 comments:

Post a Comment