Tuesday, May 31, 2011

DCO Sempu terpilih sbg Danup UN Peace keepers Day di Naqoura


UN Peace Keepers Day adalah hari raya khusus yang diperuntukkan bagi personel Peace Keepers UN di seluruh dunia khususnya dimana pun personel UN bertugas dan di tempatkan, dimana pada hari itu khususnya pada tanggal 29 Mei 2011 dilaksanakan upacara untuk mengenang dan mengingat rekan-rekan para Peace Keepers yang telah kehilangan nyawanya pada saat melaksanakan tugas di seluruh wilayah konflik yang ada di dunia serta untuk merayakan karya sumbangsih mereka pada perdamaian dunia. Mengapa hari yang dipilih pada tanggal 29 Mei adalah karena pada tanggal 29 Mei di tahun 1948 merupakan misi pertama PBB dalam melaksanakan tugas Peace Keeping Operation yaitu dengan terbentuknya UNTSO (United Nation Truce Supervision Organization). Karena tanggal 29 Mei itu jatuh pada hari Minggu, sehingga pelaksanaannya dimajukan pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2011.

Bagi SEMPU, Upacara UN PEACE KEEPERS Day ini menjadi lebih mempunyai makna lagi dan menjadikan kebanggaan, karena Wadan SEMPU yaitu Mayor (POM) Bambang Hasanudin terpilih untuk menjadi Komandan Upacara pada upacara tersebut, bertempat di lapangan Upacara Cenotaph UNIFIL di Naqoura. Upacara ini dihadiri oleh para pejabat militer UNIFIL dan LAF, dan Sipil UNIFIL serta pejabat perwakilan Diplomatik yang ada di Lebanon. Brigjen Santi Bonfanti bertindak selaku Inspektur Upacara mewakili Force Commander, pada saat itu bersama dengan Brigjen Emile Salloum mewakili Komandan LAF meletakkan karangan bunga di Cenotaph UNIFIL untuk menghormati para prajurit UNIFIL yang telah kehilangan nyawanya dalam tugas mereka menjaga perdamaian. Sejak penempatannya pertama kali di Lebanon pada tahun 1978, UNIFIL telah kehilangan 292 orang prajurit penjaga perdamaian. Pada sambutannya, Brigjen Santi Bonfanti mengatakan, Saya memberikan penghargaan kepada anda semua pasukan penjaga perdamaian, pria dan wanita, sipil dan militer, yang melayani tanpa pamrih, tanpa lelah dan penuh keberanian di UNIFIL setiap hari. Pekerjaan anda adalah sumber kebanggaan bagi PBB setiap hari di setiap tahunnya.

Pelaksanaan hari International Day of UN Peace Keepers ditetapkan pertama kali oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2002, untuk menghormati mereka yang bekerja sebagai penjaga perdamaian PBB dengan tingkat profesionalisme yang tinggi, berdedikasi dan penuh keberanian, dan untuk menghormati mereka yang telah kehilangan nyawanya bagi perdamaian.

Reviewed by Purcep, Blate  South Lebanon  on the 01st of  June 2011


http://www.tni.mil.id/

0 comments:

Post a Comment