Friday, May 27, 2011

Ledakan Bom 27 Mei 2011 di Lebanon Selatan melukai Kontingen dari Italy


Sebuah bom pinggir jalan meledakkan sebuah kendaraan PBB di jalan raya kota pelabuhan Sidon Lebanon selatan Jumat tanggal 27 Mei 2011, melukai enam tentara dari kontingen Italia, dua serius. Komandan Kontingen Italia dari Sector west melalui staf juru bicara Massimo Fogari membantah laporan sebelumnya bahwa seorang tentara Italia tewas dalam serangan itu. Keenam tentara yang terluka diangkut ke rumah sakit di Sidon, Hammoud Hospital. Dua warga sipil Lebanon, Tannous Tanious dan Amin Dawoud, yang berdiri sekitar 50 meter dari lokasi ledakan juga sedikit terluka, sumber keamanan mengatakan. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. "Ada enam penjaga perdamaian terluka satu dengan cedera serius. Dan sisanya mengalami luka moderat. Mereka semua di rumah sakit," kata juru bicara UNIFIL Neeraj Singh.
"Tim kami sedang dalam perjalanan [ke lokasi]."

Pasukan penjaga perdamaian UNIFIL ditempatkan di Libanon selatan untuk mengawasi perbatasan dengan Israel. Pemimpin Lebanon sangat mengutuk serangan itu, dengan Presiden Michel Sleiman menggambarkannya sebagai tindak pidana dimaksudkan  untuk menggoyahkan negara itu. "Ini tindak pidana bertujuan untuk mengancam keamanan negara dan stabilitas," kata dia mengatakan dalam sebuah pernyataan. Parlemen Nabih Berri juga menyatakan keprihatinannya atas serangan itu. "Kami mengutuk kejahatan ini teroris, karena kami menawarkan bela sungkawa kami untuk para pemimpin UNIFIL dan khususnya unit Italia, berharap untuk pemulihan cepat dari mereka yang terluka," kata Berri dalam pernyataannya.
 









Sementara itu, pengurus Perdana Menteri Saad Hariri memperingatkan setiap upaya untuk menggunakan wilayah Lebanon "untuk mengirim pesan kepada masyarakat internasional dan secara khusus untuk UNIFIL di Libanon selatan." "Kami berharap bahwa pasukan internasional melanjutkan pekerjaan mereka sesuai dengan [Dewan Keamanan PBB Resolusi] 1701. Pemerintah Lebanon menganggap [resolusi] aturan dasar untuk menjaga stabilitas dan mencegah kekerasan di daerah tersebut, "kata Hariri dalam sebuah pernyataan.

Resolusi 1701 dirancang untuk mengakhiri perang 2006 antara Libanon dan Israel. Kehadiran penjaga perdamaian UNIFIL telah ditingkatkan di belakang konflik dan diamanatkan dengan mempertahankan penghentian permusuhan, serta memantau pelaksanaan 1701. Perdana Menteri Lebanon-menunjuk Najib Mikati mengutuk serangan itu, memuji PBB untuk menjaga stabilitas dan keamanan di Libanon selatan. Pernyataan Mikati datang selama percakapan telepon dengan Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon Michael Williams, pernyataan dari kantor persnya mengatakan.

Menteri Luar Negeri Italia Franco Frattini menyampaikan simpati yang mendalam setelah mendengar berita tentang korban dan mengungkapkan dukungan negara untuk militer.
"Kami membuat kontribusi yang penting untuk stabilitas di salah satu daerah yang paling sensitif di wilayah Timur Tengah," Frattini dikutip oleh kantor berita Italia ANSA.
Sumber-sumber keamanan mengatakan Hakim Dany Zaanni ditugaskan untuk mengawasi penyelidikan. Ledakan itu meniup 1,2 meter dari dinding beton di mana bom itu ditempatkan dan meninggalkan lubang 50 sentimeter jauh di dalam tanah. Italia memiliki 2.000 prajurit dalam angkatan UNIFIL - kontingen terbesar pasukan asing di Libanon. UNIFIL memiliki sekitar 12.000 tentara dan personil angkatan laut di Lebanon setelah ekspansi di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB yang menghentikan perang Israel-Hizbullah 2006 di Libanon selatan.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah UNIFIL memperingati Hari Internasional PBB penjaga perdamaian, mengingat rekan-rekan yang kehilangan nyawa mereka di garis tugas dan merayakan kontribusi mereka terhadap perdamaian. Sebuah upacara diadakan Jumat sebelumnya di markas UNIFIL di Naqoura untuk menandai hari internasional yang diamati setiap tahun pada tanggal 29 Mei. Pasukan penjaga perdamaian UNIFIL's mewakili 35 kontingen nasional yang berbeda bergabung oleh otoritas lokal, petugas dari perwakilan bersenjata dan pasukan keamanan dan diplomatik Lebanon. Bertindak UNIFIL Komandan Pasukan Brigadir Jenderal Santi Bonfanti, dan Brigadir Jenderal Emile Salloum mewakili Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon, meletakkan karangan bunga di Cenotaph UNIFIL untuk menghormati pasukan penjaga perdamaian yang kehilangan hidup mereka dalam pelayanan perdamaian. Semenit keheningan diamati.

Ada 292 kematian pasukan perdamaian melayani dengan UNIFIL sejak berdirinya pada tahun 1978. "Saya memberikan penghargaan kepada Anda semua pasukan penjaga perdamaian - pria dan wanita, sipil dan militer, yang melayani tanpa pamrih, tanpa lelah dan berani dalam UNIFIL setiap hari. Pekerjaan Anda adalah sumber kebanggaan bagi PBB setiap hari sepanjang tahun, "kata Bonfanti di upacara. Serangan itu adalah yang pertama sejak Januari 2008, ketika sebuah bom pinggir jalan menghantam sebuah kendaraan PBB bepergian di sepanjang jalan raya pantai yang sama, ringan melukai dua pasukan penjaga perdamaian. Serangan mematikan baru-baru ini adalah pada bulan Juni 2007, ketika enam penjaga perdamaian Spanyol tewas setelah sebuah bom menghantam pengangkut personel lapis baja mereka di dekat perbatasan Israel.

Dikutip dari The Daily Star.

0 comments:

Post a Comment