Saturday, May 14, 2011

Sempu melaksanakan Sosialisasi Road Safety Campaign


Meningkatnya kasus laka lalin yang kerap terjadi di wilayah Sektor Timur yang menjadi wilayah operasional dari SEMPU terkait dengan situasi jalan, kondisi cuaca dan dari tiap-tiap Kontingen yang baru melaksanakan TOA serta adanya atensi khusus dari Force Commander terhadap kasus Laka Lalin tersebut, maka dalam memasuki Triwulan II (Semester 2) sesuai program yang dibuat dalam kegiatan SEMPU melaksanakan kegiatan Sosialisasi Road Safety Campaign di jajaran Sektor Timur guna menindak lanjuti pokok-pokok keinginan Force Commander dalam rangka menekan seminimal mungkin incident / Laka Lalin yang dialami oleh satuan-satuan khususnya diwilayah Sektor Timur. Sejalan dengan adanya permintaan dari CO Malcon (Malaysia Contingent) kepada SEMPU untuk memberikan presentasi dan pengarahan kepada personel Malcon, Sabtu (7/5), CO SEMPU Letkol Cpm Dwi Prasetyo dengan didampingi Pasiops SEMPU Lettu Pom Krisna Hariyanto dan OIC SIS SEMPU Lettu Cpm I Nengah Sindu Darmawan melaksanakan presentasi SEMPU Road Safety Campaign dihadapan CO Malcon Lt. Col Mohammad Samin, sejumlah Perwira Malcon, Bintara dan Tamtama Malcon di markas Malcon di UNP 7-4.

Setelah dibuka dengan kata sambutan oleh CO Malcon Lt. Col Mohammad Samin, Pasiops SEMPU Lettu Pom Krisna Hariyanto memberikan presentasi pertama dengan topik utama berupa peraturan-peraturan atau regulasi UN, SOP terbaru yang tertuang tentang tugas-tugas MP, aturan-aturan MP tentang keselamatan dijalan, sanksi-sanksi, batas kecepatan dan lain-lain sebagainya. Berikutnya OIC SIS SEMPU Lettu Cpm I Nengah Sindu Darmawan memberikan presentasi berupa data-data kecelakaan yang terjadi di Sektor Timur selama beberapa bulan terakhir sampai dengan bulan Mei ini yang sering terjadi dikarenakan faktor tempat, faktor lokasi serta jenisnya, juga dijelaskan tentang kondisi jalan agar tidak terjadi Laka Lalin dengan memperhatikan situasi cuaca dan lingkungan serta sebab-sebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dengan dilaksanakannya SEMPU Road Safety Campaign ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan bagi setiap personel dari Batalyon negara-negara pengirim pasukan (TCC) dalam berkendaraan diwilayahnya operasionalnya dan mampu mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas karena mereka sudah dibekali dengan pengetahuan yang diperlukan bagi mereka dilapangan serta mampu mengkontrol kendaraan yang digunakan menyesuaikan dengan situasi jalan dan kondisi dilapangan.

Kegiatan SEMPU Road Safety Campaign ditutup dengan pemberian cinderamata dari CO Malcon Lt. Col Mohammad Samin kepada CO SEMPU Letkol Cpm Dwi Prasetyo Wiranto, kemudian dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah di aula Mesjid Malcon dan ramah tamah. Kegiatan ini akan berlanjut ke kesatuan-satuan / kontingen yang ada di Sektor Timur sesuai dengan waktu yang direncanakan dan diprogramkan.

Reviewed by Purcep, Blate South Lebanon 14th May 2011

0 comments:

Post a Comment